Minggu, 09 Februari 2014

Dunia Kerja Itu Kejam Ya???
 
Kenapa saya bilang begitu? atau mungkin lebih tepatnya saya sedang menanyakan kebenaran akan hal itu. Benarkah dunia kerja itu kejam?
 
fikiran saya jauh menerawang ketika terus mengingat kejadian dua atau beberapa hari yang lalu. Tepatnya hari sabtu siang hari.
*beeping*
My sister : " Dek, kakak tingkatmu yang si Anu ga dilanjutin trainingnya :("
saya: " Ah masa iya? kenapa? wah kasian ya?"
My sister : "masih belom jelas kenapanya, tapi mbak sungguh ndak tega liat wajahnya. dia orang baik :(".
saya : " ya allah semoga rezeki kakak itu lebih dari ini. amin"
 
percakapan singkat itupun terhenti. Sampai akhirnya mbak rani pulang dari kantor dan menceritakan semuanya. Jadi usut punya usut kakak tingkat saya yang satu kantor dengan mbak saya di salah satu perusahaan karet asing itu ternyata tidak dilanjut masa traininingnya karena alasan yang ngga jelas. 
my sister : " padahal ya dek, dia itu orangnya rajin ga banyak macem - macem. terus kata temennya dia itu menghasilkan produksi yang bagus."
saya : " jadi kenapa dong ga lanjut?"
my sister : " jadi gini, sepertinya kepala pabrik kurang setuju sama dia. kenapa? karena dia itu anaknya jujur dan sangat kritis. sebagaimana yang mbak tau kepala pabrik itu emang banyak kali yang dia tutupin. jadi kalo pada saat meeting si Anu itu selalu membuat kepala pabrik dicecar pertanyaan sama bos. Jadi mungkin dari situ kepala pabrik memutuskan untuk ga melanjutkan masa trainingnya."
saya : "wah susah ya jadi orang jujur dan kritis. kasihan kali kakak itu. ya allah semoga ini jalan terbaik. yah semoga rezeki kakak itu jauh lebih baik."
 
 kok gitu ya? bukannya bagus ya kalo semua pekerja kritis dan jujur. Bukannya itu bisa memajukan dan meningkatkan kualitas perusahaan tersebut? Tapi ini bukan kali pertama saya mendengarkan cerita seperti ini. waktu itu tepatnya dikampus saya pas saya lagi di kantin, jadi ceritanya kita sesama angkatan saling sharing tentang gimana Tugas Akhir kita. Gimana pembimbing lapangannya, gimana orang - orangnya, dan saat itu saya dengar salah satu teman saya bilang gini :
X : eh lu tau ga bapak A? (ngomong ke arah Y)
Y; oh bapak itu ya gue tau. kenapa?
X: Dia cerita ke gue kalo dia mau resign.
Y: oh ya? kenapa?
X: kata dia susah di perusahaan itu, banyak yang ga suka sama dia. Lu tau kan dia itu pernah bekerja diperusahaan O (salah satu perusahaan tambang mineral terbesar di Indonesia), kalo disana dia itu harus lapor. Laporan yang dia kasih harus jujur seuai dengan kondisi lapangan. Nah dia pake sistim itu di perusahaan ini, lu tau sendirilah bapak - bapak di perusahaan ini banyak main belakangnya. Ya jadi bapak - bapak ini jadi ga suka atau ga simpatik la dengan bapak A ini."
 
Cukuplah pembicaraan diatas juga sudah menjadi salah satu buktilah ya. Betapa nilai kejujuran di Indonesia ini sangat bobrok. Jadi saya sebagai seorang pencari kerja jadi bingung, pastinya suatu hari nanti saya akan bekerja di perusahaan. Lalu sikap yang mana yang harus saya kembangkan? Jujurkah? atau mengikuti permainan yang ada? Tapi seenggaknya kalo bisa sih akunya ntar harus tetap jujur. Kalopun nanti akhirnya akan dihadapkan dengan situasi seperti itu, bukankah jujur salah satu sifat yang disukai Allah? bukankah masih ada Allah? 

Terus masalah kejamnya dunia kerja ga cuma hanya sampai disitu. Dulu nyokap pernah cerita jamannya beliau kerja di bank dulu. nyokap tuh beruntung jamannya beliau walaupun cuma tamatan SMA tapi udah bisa kerja di bank. Hanya dengan bermodalkan keahlian. Jaman itu, nyokap merupakan salah satu atlit bulutangkis se-Kota Jambi. Waktu jamannya beliau, orang yang bisa komputer itu sedikit banget. Secara juga dulu jamannya beliau belom ada tuh ms.excel ms.word dsb yang secanggih di jaman sekarang ini. di jaman dulu mah namanya Lotus. Jadi kalo mau buat kotak musti buat garis sendiri. Ah ribet ya. Jadi di kantornya nyokap cuma ada satu yang ahli IT. jadi kalo komputer terdapat kerusakan atau apalah minta tolong ke orang itu. Nyokap gue minta ajarin nih ceritanya sama dia soalnya kan ga setiap waktu dia ada waktu buat ngurusin komputer nyokap doang. Dia juga sibuk kali dengan kerjaannya. Eh ya namanya juga dunia kerja itu kejam, ya mana maulah dia ngajarin. Udah ga mau ngajarin dimintain tolong susah banget. hmm, ampun deh manusia. 
 
Hal serupa juga pernah saya baca di Path. Jadi alah satu kakak tingkat saya pernah bilang gini, " mau minta ajarin sama atasan, atasan sibuk bener jarang ada di tempat. Mau minta ajarin temen, mereka ogah - ogahan karena takut tersaingi pastinya. Mau minta ajari bawahan ga mungkin." 

Ternyata didunia kerja itu bahkan untuk saling mengajarkan aja mereka merasa rugi. Emang temenan yang bener - bener temen itu cuma ada di bangku sekolah dan kuliah dimana kita minta tolong bantuan minta ajarin pasti semua ga keberatan. Walaupun adalah satu atau dua orang yang ngerasa rugi juga ngajarin tapi temen - temen saya di teknik pertambangan unsri semua pada baek - baek. semua saling berbagi apa yang kita ketahui dan pahami.

Kenapa hal demikian terjadi? Semua jawabannya hanya satu. Harta kekayaan dan jabatan. Semua merek takut akan kehilangan ini. Karena memang benar di tempat kerja tak ada lagi yang namanya teman. semua saling sikut menyikut bahkan tak sedikit yang ingin menjatuhkan orang lain. Semua memang karena duit. Jangankan teman sodarapun bisa jadi musuhan hanya karena duit. Tapi semua itu ga bakal terjadi kalo didalam lubuk hati setiap pekerja dilandasi dengan iman.

Saya tidak dapat berspekulasi lebih jauh lagi. Karena saya sendiri belom merasakan bagaimana dunia kerja itu yang sesungguhnya. Semoga saja saat saya bener bener udah kerja nanti saya dihadapkan dengan kondisi yang tidak demikian :).






2 komentar:

  1. hahahahhaha..
    itu biasa kali dunia kerja. buat sebgaian org. org jujur tu g d butuhin, yang mereka butuhin cuma org2 yang bisa di ajak kompromi..

    tp slow jd org jujur g bkln rugi. n g pernah bkln rugi, sll da kebaikan di setiap kejujuran. prinsip dunia krj gampang. ikutin sistem dan patuhin atasan. n ketika kita udah d atas br bikin perubahan. perubahan butuh wkt. n perubahan butuh usaha lebih..

    jadi bawahan kita hrs maen aman. selama kita g bisa berbuat lebih ckp jgn berlaku jahat ja n berlaku zolim. suatu saat ada wkt nya kita yng pegang kendali disaat kita jd pimpinan. disanalah klo mau bikin kebijakan baru n bikin perubahan struktural..

    bukan kita g idealis dalm berkerja tp kita hrs tau smua butuh proses. :D
    org pintar tau wkt n kpn berbicara. klo kita bertindak d luar wewenang kita yang bkln terdepak n ujung2nya kita g bisa berbuat apa2. jd org pintar hrs bisa baca situasi n kondisi biar aman dalam bekerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya setuju sekali. bener ya semua ada waktunya :). terima kasih atas pencerahannya suhu :D

      Hapus